Rabu, 18 Februari 2009

SAYA SUGUHKAN TENTANG ARTIKEL OS (SISTEM OPERASI) KOMPUTER


Secara umum, Software dibagi menjadi 3 :
1. Sistem Operasi (operating system)
Yaitu program yang dibuat untuk mengendalikan dan mengkoordinasikan seluruh kegiatan dari sistem komputer.

2. Perangkat lunak bahasa pemrograman (programming software)
Yaitu program yang digunakan untuk menerjemahkan instruksi-instruksi yang ditulis dalam bahasa pemrograman ke dalam bahasa mesin agar dapat dimengerti komputer.
3. Perangkat lunak aplikasi (application software)
Yaitu program yang ditulis dan diterjemahkan oleh language-software untuk menyelesai-kan suatu aplikasi tertentu. Dibagi menjadi 3, yaitu Software Utilitas, Software Horizontal (paket), dan Software Vertikal (Soft. Aplikasi Khusus)

Sistem Operasi
– Tujuan dari OS ini adalah untuk meningkatkan efisiensi dan menggunakan komputer semaksimal mungkin, dalam melaksanakan pekerjaan khususnya untuk mengurangi ‘waktu nganggur’ yang dialami oleh komputer. Program-program dalam OS biasanya ditulis dan disusun oleh pabrik komputer yang bersangkutan.

– Sistem Operasi terdiri dari :Control Program dan OS Service.

– Definisi :
• OS adalah sebuah program penghubung antara user komputer dan hardware komputer.

• Operating sistem merupakan kumpulan program yang dibuat oleh pabrik komputer dengan memperhatikan bentuk dan cara kerja hardware yang mereka miliki.

• Operating System berdasar American National Standart Institute (ANSI) adalah: Software yang mengontrol pelaksanaan program-program komputer, yaitu dengan mengatur waktu proses, pengecekan kesalahan, mengontrol input dan output, melakukan perhitungan, kompilasi, penyimpanan, pengolahan data serta berbagai bentuk layanan yang terkait.


Semoga Membantu Teman

Tidak ada komentar:

Posting Komentar